Harga Tanaman Air

Harga Tanaman Air – Tanaman air dalam pot ini memang sedang populer akhir-akhir ini.

Banyak yang menaruh pot tersebut pada akuarium.  Tanaman yang digunakan pun adalah tanaman air.

Tanaman yang satu ini adalah tanaman yang seringkali diletakkan di dalam akuarium.

Tanaman air ini bukan hanya berfungsi sebagai tanaman hias saja, namun banyak juga ikan-ikan di dalam akuarium yang tinggal di tanaman air tersebut.

Baca Juga : Tanaman Hias Air

Ikan-ikan pada akuarium ini sangat suka untuk bersembunyi di antara tanaman yang ada pada akuarium.

Perawatan Tanaman Air Dalam Akuarium

Sama seperti tanaman pada umumnya, tanaman air juga membutuhkan CO2 agar bisa berfotosintesis.

Karena itulah pada akuarium sebaiknya ditempatkan tabung CO2 agar bisa menyuplai gas CO2 pada tanaman air.

Tapi ada juga beberapa jenis tanaman air yang bisa hidup tanpa CO2.

Syarat yang paling mutlak dari tanaman air agar bisa hidup di air tawar tanpa adanya CO2 adalah dengan rutin mengganti 30 persen air pada akuarium.

Air akuarium harus diganti seminggu sekali. Anda pun juga harus menjaga suhu akuarium agar tetap stabil di bawah 30 derajat celcius.

Namun bagi yang masih pemula, tentu saja cara merawat tanaman air akan membuat mereka kewalahan.

Nah, bagi Anda yang masih pemula dan tertarik untuk memelihara tanaman air, maka perawatan yang paling mudah adalah dengan menanam tanaman yang bisa tumbuh tanpa CO2 sehingga Anda tidak butuh perawatan ekstra.

Baca Juga : Tanaman Aquascape Untuk Pemula

Berikut ini kami berikan rekomendasi tanaman air yang bisa Anda tanam sebagai pemula.

Jenis-Jenis Tanaman Air Untuk Akuarium

  • Dwarf baby tears

Tanaman dwarf baby tears adalah tanaman yang sering digunakan untuk karpet akuarium. Banyak sekali penggemar akuarium dan tanaman air yang menumbuhkan tanaman ini.

Dwarf Baby Tears

Dwarf Baby Tears

Untuk merawat dwarf baby tears juga mudah. Tanaman air yang satu ini bisa tumbuh dengan lebat hingga menutupi lantai akuarium. Suhu yang baik untuk tanaman ini sekitar 22 hingga 23 derajat celcius.

Sifat dari dwarf baby tears adalah tumbuh mengikuti arah cahaya datang. Jadi, jika Anda menembuhkan tanaman ini di tempat yang kurang cahaya matahari, maka dwarf baby tears akan tumbuh ke atas karena berusaha mencari cahaya.

  • Water wisteria

Tanaman air yang satu ini adalah jenis tanaman air yang bisa tumbuh dengan cepat. perawatan water wisteria sangat mudah. Selain itu tampilan dari tanaman ini pun juga bisa mempercantik akuarium Anda.

Water Wisteria

Water Wisteria

Tanaman water wisteria bisa bertahan pada suhu air 23 hingga 28 derajat celcius. Dibandingkan dengan dwarf baby tears, water wisteria hanya butuh pencahayaan yang sedang. Tanaman air ini juga bisa dimanfaatkan sebagai karpet untuk akuarium.

  • Java moss

Jika dilihat sekilas, maka tanaman air ini mirip ganggang rumput laut. Namun tanaman air ini mempunyai warna hijau yang terang. Tentu saja warnanya sangat kontras dengan rumput laut yang mempunyai warna putih cenderung kuning.

Java Moss

Java Moss

Anda bisa menanam java moss di bebatuan ataupun kayu apung. Memang tanaman air yang satu ini mudah diperoleh dan ditanam. Tanaman ini adalah tanaman yang tidak butuh perawatan yang intensif.

Java moss bisa hidup di air yang bersuhu 21 hingga 32 derajat celcius. Namun akan lebih baik lagi jika suhunya 21 hingga 24 derajat celcius. Bayi-bayi ikan biasanya berlindung dibalik tanaman ini. Java moss juga bisa tumbuh di semua jenis pencahayaan.

Harga Tanaman Air

Daftar Harga Tanaman Air

Jenis Tanaman

Harga

Dwarf Baby TearsRp. 35.000
Water WisteriaRp. 15.000
Java MossRp. 25.000

Baca Juga : Harga Tanaman Aquascape

Baca Juga : Harga Tanaman Anubias

Bagaimana?

Sudah siap untuk mengoleksi tanaman air akuarium ini?  Langsung saja mencobanya dan nikmati keindahan akuarium anda yang baru

Mungkin Anda juga menyukai