Durian Cepat Berbuah

Apa siy sebenarnya rahasia dibalik pohon durian yang cepat berbuah?

Rahasia yang mempengaruhi durian supaya cepat berbuah diantaranya adalah :

  1. Budidaya durian cepat berbuah
  2. Menggunakan bibit dari jenis durian yang cepat berbuah
  3. Pemberian nutrisi atau pupuk yang membantu durian cepat berbuah

Nah tulisan kali ini akan berfokus pada pemberian nutrisi atau pupuk yang membantu durian cepat berbuah.

Baca Juga : Tips Agar Tanaman Durian Cepat Berbuah

Durian yang cepat berbuah biasanya adalah durian yang berasal dari durian unggul cepat berbuah.  Tanaman ini memang secara khusus dikembangkan agar cepat berbuah sehingga menjadi bibit unggul.  Bibit durian montong termasuk bibit unggul durian yang cepat berbuah.

Selain berasal dari bibit unggul, pemberian nutrisi yang sesuai juga dapat mempercepat munculnya buah pada tanaman durian.

Namun demikian, usia dan kondisi tanaman tetap harus diperhatikan, karena tanaman durian yang dipaksa untuk berbuah biasanya tidak akan berumur lama.  Setelah berbuah tanaman akan merana bahkan bisa mati.

Tanaman yang siap dibuahkan adalah tanaman yang benar-benar sehat.  Ciri-cirinya adalah memiliki batang dan percabangan yang kuat serta seimbang antara tajuk dengan daun tanaman.

Tanaman Durian Sedang Berbuah

Tanaman Durian Sedang Berbuah

Apabila tanaman durian anda memiliki ciri-ciri tersebut dan sudah berumur 3 tahun ke atas setelah pemindahan bibit, maka berarti sudah siap untuk dibuahkan.

Pupuk Yang Digunakan Untuk Merangsang Pembuahan

Buah durian yang siap dibuahkan dapat dipercepat rangsangannya dengan pemupukan.  Nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu pembuahan ini adalah pupuk yang memiliki kandungan unsur P lebih banyak dibandingkan unsur N nya.  Atau bila perlu gunakan pupuk yang tanpa unsur N.

Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk cair yang diberikan kepada tanaman lewat penyemprotan pada daun atau disiramkan ke bagian akar tanaman.  Pupuk cair ini bisa pupuk majemuk yang dominan unsur P nya atau pupuk tunggal yang memang hanya mengandung unsur P saja.

Jenis pupuk yang bisa digunakan antara lain pupuk NPK dengan kadar P dan K yang tinggi atau pupuk daun seperti Growmore, Gandasil B, Compesal, Multimicro, dan Vitabloom.

Waktu yang paling bagus untuk memberikan pupuk pada tanaman durian adalah pagi hari antara pukul 07.00 – 09.00 atau sore hari pada pukul 04.00 – 05.00.

Untuk dapat mempercepat proses penyerapan pupuk, untuk pupuk NPK hendaknya di cairkan dulu menggunakan air.   Baru kemudian di siramkan ke akar tanaman.  Jika akan diberi pupuk NPK ini, biarkan selama seminggu tanaman tidak disiram.  Tujuannya adalah agar cairan pupuk cepat terserap akar tanaman.  Dan setelah pemupukan terus sirami media tumbuh tanaman hingga lembab selama 2 minggu.

Baca Juga : Ramuan Pupuk Untuk Durian Yang Memberikan Hasil Panen Berlimpah

Penggunaan Zat Pengatur Tumbuh Tanaman (ZPT) atau Hormon

ZPT dapat merangsang pembuahan pada tanaman durian yang telah siap untuk dibuahkan.  Salah satu ZPT yang dapat digunakan untuk merangsang pembuahan pada durian adalah Paklobutrazol.  Dosis yang digunakan adalah 1 ppm atau 1 ml paklobutrazol di larutkan dalam 1 liter air.

Pemberian ZPT ke tanaman durian sebaiknya dilakukan setelah tanaman mengalami masa kering (kemarau) selama 2 atau 3 bulan.

Penyemprotan paklobutrazol dilakukan pada daun, ranting, dan cabang tanaman sebanyak 1-2 kali.  Semprotnya secara merata ke bagian tanaman tersebut.

Cara kerja paklobutrazol adalah menghambat keluarnya daun tanaman sehingga energi untuk pertumbuhan vegetatif bisa diarahkan untuk pertumbuhan generatif.  Pertumbuhan vegetatif adalah fase pertumbuhan daun dan batang.  Sedangkan fase pertumbuhan generatif adalah fase munculnya bunga dan pembuahan.

Baca Juga : Aneka Jenis Tanaman Buah-Buahan Dengan Cara Hidroponik

Pada saat tanaman diberi perlakuan ZPT ini akan muncul bunga yang tangkainya panjang dan lemah.  Untuk itulah unsur P dari pupuk digunakan.  Karena unsur P bagi tanaman memiliki fungsi mencegah kerontokan bunga dan buah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *