Cara Perkembangbiakan Dan Pemeliharaan Aglaonema

3 min read

Aglaonema Esmeralda

Cara Perkembangbiakan Dan Pemeliharaan AglaonemaTanaman hias aglaonema memang memiliki pesona tersendiri.

Mulai dari jenisnya yang banyak, variasi motif dan bentuk daunnya, serta cara memperbanyak dan memeliharanya, menjadi keunggulan-keunggulan yang menjadikan tanaman ini memiliki banyak penggemar.

Bisnis Aglaonema
Bisnis Aglaonema

Jika anda termasuk penggemar tanaman hias yang satu ini dan ingin memeliharanya, tentu perlu memiliki informasi yang cukup agar tanaman kesayangan nantinya bisa tumbuh subur serta berkembang dengan baik.

Untuk bisa mengetahui cara yang tepat untuk memelihara tanaman indah  yang satu ini, sebelumnya kita perlu mengetahui bagaimana sebenarnya karakteristik tanaman hias daun ini.

Karakteristik Tanaman Aglaonema

Berbicara tentang karakteristik tanaman pasti akan berhubungan erat dengan lingkungan tumbuh tanaman dan asal – usulnya.

Kenapa demikian?

Karena tentu saja suatu tanaman akan sangat cocok tinggal di tempat yang menjadi asalnya berada.  Bisa jadi warna dan bentuk yang dimilikinya saat ini merupakan bentuk adaptasi terhadap lingkungan tumbuhnya.

Dari situlah kita dapat mengenali bagaimana kebutuhan suatu jenis tanaman dengan mengetahui asal tanamannya.

Habitat asal tanaman hias daun aglaonema adalah daerah tropis asia dan Papua Nugini.  Oleh karenanya dia akan membutuhkan tempat dengan suhu yang cukup panas untuk bisa tumbuh dengan baik.

Aglaonema Chiang May

Jika ditanam di daerah dengan suhu rendah maka dia tidak dapat tumbuh dengan baik dan optimal.

Karena tinggal di daerah tropis inilah, maka dia memiliki kebutuhan akan air yang cukup banyak, namun uniknya dia tidak terlalu banyak membutuhkan sinar matahari.

Itu sebabnya tanaman hias daun aglaonema akan sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias daun dalam ruangan atau indoor.

Baca Juga : Harga Tanaman Aglaonema

Cara Perawatan Aglaonema

Dari penjelasan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa tanaman hias daun agalonema dapat dirawat dengan cara :

  1. Diletakkan di dalam ruangan atau tempat yang mendapatkan sinar matahari sedang sampai rendah
  2. Disiram setiap hari, minimal sehari sekali. Namun jika cuaca sedang sangat kering bisa disiram 2 kali sehari, pagi dan sore hari
  3. Karena ini termasuk tanaman hias daun yang mengandalkan keindahan daunnya untuk dinikmati, maka diperlukan pemupukan dengan kandungan unsur Nitrogen yang tinggi seperti pupuk urea. Pemberian pupuk ini bisa dilakukan sebulan sekali untuk menjaga keindahan warna daunnya
  4. Meskipun membutuhkan air dalam jumlah yang sedang, namun tanaman hias daun aglaonema ini sensitif terhadap busuk akar. Untuk itu media tanam yang digunakan mestilah media tanam yang memiliki porositas dan aerasi bagus.  Beberapa jenis media tanam yang bagus untuk tanaman ini adalah arang sekam, cocopeat, yang di campur dengan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
  5. Apabila terjadi pembusukan karena jamur maka segeralah potong bagian tubuh tanaman yang busuk dan semprot dengan anti jamur untuk tanaman yang banyak dijumpai di toko-toko pertanian terdekat.
  6. Penggantian media tanam untuk tanaman aglaonema yang ditanam di dalam pot penting dilakukan secara rutin. Selain bertujuan untuk menjaga porositas tanah, mencegah endemi hama dan penyakit agalonema, juga perlu membertimbangkan ukuran tanaman yang semakin membesar dan memerlukan pot yang ukurannya lebih tinggi lagi.
  7. Kurangi jumlah tanaman melalui proses stek dan pemisahan anakan apabila tanaman telah tumbuh dan semakin banyak jumlahnya. Upaya ini akan mencegah terjadinya kerdil oleh pada daun tanaman yang mengakibatkan berkurangnya keindahan daun aglaonema.

Cara Perkembangbiakan Aglaonema

Untuk dapat memperbanyak tanaman aglaonema yang kita miliki sebenarnya bukan perkara yang sulit.  Terdapat beberapa teknik yang bisa kita lakukan dan itu prosesnya sangat sederhana.

Berikut ini beberapa teknik perbanyakan Aglaonema yang bisa kita lakukan :

  • Perbanyak dengan Stek batang aglaonema

Tidak semua jenis aglaonema mudah menghasilkan anakan.  Jika itu yang terjadi dengan tanaman aglaonema yang anda miliki, maka anda bisa melakukan teknik stek batang ini untuk melakukan perbanyakan.

Caranya sederhana dan mudah.  Anda tinggal menentukan tanaman yang telah memiliki batang  yang kuat dan umurnya tua.

Prosesnya hanya tinggal memotong bagian batang yang telah dipilih tersebut menggunakan pisau yang tajam dengan panjang 3-5 cm dengan posisi miring.  Pastikan bahwa bagian tanaman yang dipotong memiliki mata tunas di sampingnya, minimal 1 sebagai titik awal pertumbuhan daun tanaman.

Tanam potongan batang tersebut dengan arah mata tunas menghadap ke atas (mata tunas jangan sampai terbenam di dalam tanah).

Siram tanaman yang telah di tanam tersebut menggunakan spray agar tidak goyang tanamannya.  Pastikan tanaman tidak kekeringan.

  • Perbanyakan dengan stek pucuk tanaman agalonema

Cara ini dilakukan apabila tanaman aglaonema anda memiliki pertumbuhan akar yang bagus dan banyak.

Cara memberbanyaknya adalah dengan cara memotong akar tanaman dengan bagian tanaman di atasnya juga ikut di tanam.  Kemudian tanam di media atau pot yang terpisah.

Stek Aglaonema
Stek Aglaonema

Letakkan tanaman baru di tempat  yang teduh supaya tidak terkena sinar matahari langsung.

Sirami sesuai kebutuhan serta tunggu hingga tanaman mulai tumbuh dengan normal kembali.

Baca Juga : Harga Tanaman Aglaonema

  • Perbanyakan dengan stek anakan tanaman aglaonema

Stek anakan dilakukan untuk jenis aglaonema yang memang memiliki anakan banyak dan bagus.

Cara ini dilakukan dengan memilih anakan yang telah tumbuh bagus dan memiliki daun 2 helai minimal yang telah terbuka.

Stek anakan aglaonema
Stek anakan aglaonema

Pisahkan dengan induknya dengan cara di potong bagian akarnya, kemudian tanaman di pot yang terpisah.

Siram dengan rutin dan tunggu hingga tanaman sudah dapat beradaptasi dengan tempatnya yang baru.

Nah demikian 3 cara perbanyakan aglaonema yang bisa anda coba.  Caranya sederhana dan mudah dilakukan.  Selamat mencoba.

 

Harga Tanaman Crassula

ucihadiyanto
1 min read

Tanaman Gantung Hias

ucihadiyanto
1 min read