Cara Menanam Jagung

Cara Menanam Jagung – Pada saat bertani pilihan tanaman jagung menjadi favorit para pemilik tanah. Bukan hanya karena panennya yang cepat, cara untuk menanamnya pun tidak terlalu sulit.

Tanaman jagung juga memiliki harga yang lumayan mahal pada saat penjualan, oleh karenanya banyak yang memilihnya untuk di tanam di ladang.

Untuk Anda yang belum mengetahui cara menanam tanaman jagung dengan baik, simaklah informasi berikut ini.

Baca juga : Tanaman Pangan Dan Pentingnya Bagi Kehidupan

Beberapa Cara Menanam Tanaman Jagung 

  1. Tahap Pengolahan Tanah

Untuk melakukan penanaman tanaman jagung manis, perlu diperhatikan tahapan pengolahan tanah.

Anda perlu untuk menghilangkan rumput-rumput liar yang akan menganggu pertumbuhan jagung. Setelah rumput-rumput liar tersebut hilang, Anda perlu untuk menggemburkan tanah.

Penggemburan tanah dapat dilakukan dengan menggunakan mesin bajak atau bila tidak ada dapat menggunakan cangkul. Bila Anda menggunakan cangkul, Anda dapat sekaligus menggali lubang sedalam 20 cm. Kemudian ratakan sekaligus berikan pupuk kandang.

  1. Tahap Penanaman dan Pemeliharaan

Setelah melakukan pengolahan tanah, tahapan selanjutnya adalah untuk penanaman benih.

Waktu yang tepat untuk melakukan penanaman tanaman jagung adalah pada musim hujan. Karena tanaman jagung adalah tanaman yang akan tumbuh baik pada cuaca yang lembap.

Bila dalam suasana yang panas, Anda harus rajin melakukan penyiraman pada tumbuhan jagung tersebut.

Selain pemberian air, tanaman jagung juga memerlukan pupuk yang seimbang dalam pertumbuhannya.  Jika metode bertaninya adalah organik, maka pupuk yang diberikan adalah pupuk organik.

Namun jika teknik bertaninya konvensional atau intensif maka pupuk yang digunakan adalah pupuk kimia.

  1. Tahap Panen

Tahapan panen adalah tahapan yang dirindukan oleh setiap petani. Pada saat panen, biaya tanam jagung 1 hektar akan segera tertutupi bahkan menuai keuntungan bila panen berhasil. Namun, jika panen gagal maka kerugian akan menghampiri.

Tanaman jagung memiliki waktu yang tidak terlalu lama untuk panen. Karena tanaman jagung hanya memiliki waktu 85 sampai 95 hari. Namun waktu panen ini dapat disesuaikan dengan peruntukkan jagung tersebut. Bila jagung tersebut diperuntukkan untuk sayur, maka panen dapat Anda lakukan lebih cepat sebelum 3 bulan masa panen.

Cara untuk memanen tanaman jagung pun tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu memutar tongkol jagung. Tujuannya untuk lebih mudah memisahkan jagung dari tangkainya serta memudahkan untuk mengambil jagung tersebut.

  1. Penanaman Jagung Tanpa Olah Tanah

Walaupun biasanya penanaman jagung membutuhkan pengolahan tanah terlebih dahulu. Ternyata terdapat teknik penanaman jagung tanpa olah tanah.

Bagaimana caranya?

Cara melakukan penanaman jagung tanpa olah tanah adalah dengan membuat lubang dan memasukkan biji jagung yang dipilih ke dalam tanah yang telah disediakan tersebut. Terdapat alat yang dapat membantu penanaman jagung tanpa olah tanah ini yaitu tugal.

Tanpa olah tanah berarti memang tanah tidak mendapatkan perlakuan pengolahan intensif sama seperti tahap pertanian pada umumnya, namun tanah dibiarkan apa adanya.

Bila di negara modern, alat tanam jagung otomatis ini dikenal dengan nama alat planter.

  1. Memperhatikan Jarak Tanam Jagung

Jarak tanaman jagung pada dasarnya disesuaikan dengan kondisi lapangan, jenis varietas dan musim.

Contohnya tanah yang akan ditanami adalah tanah yang subur. Maka dibutuhkan ruang yang luas untuk tanaman jagung satu dengan yang lainnya. Karena tanah yang subur akan membuat pertumbuhan tanaman jagung cukup besar dan tinggi.  Jarak tanam yang bisa disarankan untuk kondisi tanah seperti ini adalah 100 x 60 cm.

Jika tanah yang akan ditanami adalah tanah yang kurang subur, maka jarak tanam yang tepat adalah jarak yang erat antara satu tanaman dengan tanaman yang lain, bisa menggunakan jarak tanam 60 x 60 cm.

5 cara menanam jagung ini dapat Anda gunakan sebagai pilihan untuk mendapatkan tanaman jagung terbaik dari ladang Anda.

gambar tanaman jagung yang sehat

gambar tanaman jagung yang sehat

Cara-cara tersebut tidak terlalu sulit untuk dilakukan di ladang Anda. Bukan tidak mungkin, jika melakukannya dengan benar, Anda akan mendapatkan hasil panen yang lebih berlimpah.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *