Cara Menanam Hidroponik

Bercocok tanaman bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan memberikan hasil yang menguntungkan.

Teknologi pertanian yang sudah berkembang pesat memungkinkan siapa saja untuk dapat menanam sayur sendiri.

Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan menerapkan metode hidroponik.

Namun, masih banyak orang yang masih belum tahu apa sebenarnya tanaman hidroponik itu.

Istilah ini memang masih awam bagi orang-orang yang tidak berkecimpung di dunia pertanian.

Jika dilihat dari istilah hidro yang digunakan, media tanam hidroponik adalah air.

Bagi Anda yang sedang ingin mencoba untuk bercocok tanam dengan cara sederhana bisa mencoba cara ini.

Selain praktis, Anda bisa memanfaatkan lahan sempit di pekarangan rumah.

Baca Juga : Aneka Jenis Tanaman Buah-Buahan Dengan Cara Hidroponik

Bagi para pemula, silahkan simak ulasan singkat berikut ini yang akan membaha tentang cara menanam hidroponik.

Sistem dan Cara Tanam Metode Hidroponik

Secara sederhana, sistem hidroponik memanfaatkan media yang sebagian besar berupa air atau larutan mineral bernutrisi untuk menggantikan penggunaan tanah.

Beberapa bahan yang diperlukan untuk media hidroponik seperti sabut kelapa, pecahan genteng, serat mineral, pecahan genteng, pasir dan serbuk kayu.

Semua bahan tersebut harus dipakai untuk menjadi sumber unsur hara yang bermanfaat bagi tanaman yang biasanya memang terkandung di dalam tanah.

Sementara itu, untuk teknik yang biasa digunakan untuk cara menanam hidroponik ada beberapa cara, hanya saja yang paling mudah adalah dengan teknik larutan statis yang cukup sedehana dan sudah dimanfaatkan sejak zaman dahulu.

Baca Juga :Teknik Bertanam Hidroponik Menggunakan NFT

Berikut ini beberapa cara yang harus Anda ikuti:

  1. Persemaian

    Secara garis besar, tanaman harus disemaikan dalam wadah berwarna gelap dan tidak terkana cahaya. Bisa dengan menggunakan ember atau baskom. Dalam teknik ini, ketinggian air harus diperhatikan betul agar tidak berlebihan.

  2. Nutrisi Hidroponik.

    Selanjutnya, selain dengan teknik pertama. Masih banyak lagi hal yang harus diperhatikan dalam proses menumbuhkan tanaman hidroponik. Misalnya saja nutrisi hidroponik yang harus dicukupi. Sudah dibahas di atas bahwa hidroponik tidak menggunakan tanah, untuk menggantikan berbagai jenis zat alami tanah yang sangat berguna untuk tanaman, harus digunakan bahan yang memiliki nutrisi setara. Selain menggunakan bahan yang telah disebutkan, pupuk hidroponik juga menjadi unsur penting lainnya. Pemupukan selama proses penanaman harus diatur agar asupan nutrisi tanaman tidak kekurangan. Anda bisa memanfaatkan pupuk yang sama dengan metode tanam di tanah. Jika ingin menghasilkan sayuran yang lebih sehat, Anda bisa menghindari bahan kimia dan menggunakan cara yang alami saja.

  3. Bibit Hidroponik

    Sebelum menanam, silahkan perhatikan bibitnya. Pilihlah bibit hidroponik yang berkualitas dengan komponen lain yang mendukung hasil tanaman yang baik. Anda bisa membeli bibit kemasan yang sudah siap tanaman. Lalu apa saja tanaman yang bisa ditanam dengan cara hidroponik? Nah, untungnya sudah banyak jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan media air, misalnya saja seperti cabai dan tomat. Untuk hidroponik sayuran tentu bisa dicoba sehingga Anda bisa menghasilkan sendiri bahan makanan sehat untuk keluarga. Kebun hidroponik yang dibangun di rumah bisa mencoba jenis tanaman sederhana dengan perawatan yang tidak terlalu rumit seperti cabai dan tomat.

Bagi Anda yang pecinta cabai dan memilih untuk menanamnya, bisa menggunakan cara menanam hidroponik cabe seperti teknik yang telah dijelaskan di atas.

cara menanam hidroponik, nutrisi hidroponik, media tanam hidroponik, pupuk hidroponik, bibit hidroponik, media hidroponik, hidroponik sayuran, hidroponik cabe, cara menanam cabe hidroponik

Hidroponik cabe

Hidroponik cabe sendiri terbilang yang paling mudah karena tanaman cabe lebih tahan hama dan bisa ditanam dalam suhu sedang alias tidak perlu di pegunungan.

Baca Juga : Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot

Demikianlah informasi singkat tentang hidroponik dan salah satu teknik mudah yang bisa dicoba untuk diterapkan. Yang jelas menanam dengan metode ini sangat mudah dan menguntungkan. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Mungkin Anda juga menyukai

4 Respon

  1. Maret 1, 2018

    […] Baca juga : Cara Menanam Tanaman Hidroponik Yang Mudah […]

  2. Mei 5, 2018

    […] Baca juga : Cara Menanam Tanaman Hidroponik Yang Mudah […]

  3. Mei 5, 2018

    […] Tanaman Sayur Hidroponik […]

  4. Mei 6, 2018

    […] hidroponik memiliki banyak keunggulan.  Meskipun ini teknik baru namun ada cara untuk menanam hidroponik sederhana. Cara menanam hidroponik sederhana ini bisa dilakukan dilingkungan sekitar kita termasuk di […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *