Cara Menanam Buah Dalam Pot

Ingin memiliki tanaman buah dalam pot?  Tapi belum tahu bagaimana cara menanamnya?  Berarti artikel ini cocok buat untuk dibaca.

Sebetulnya cara menanam buah dalam pot tidaklah sulit.  Karena selain jumlahnya tidak terlalu banyak, luas arealnya juga pasti tidak terlalu luas.

Menanam buah dalam pot ini memerlukan beberapa persiapan sebelum dilakukan.  Baiklah, mari kita simak tulisan lanjutannya, biar penasarannya terjawab.

Baca Juga : Tanaman Buah Dalam Pot

Tahap persiapan menanam buah dalam pot

Yang perlu dipersiapkan sebelum menanam buah di dalam pot adalah :

  1. Menyiapkan pot tanaman

Pot tanaman yang digunakan untuk menanam buah dalam pot bisa disesuaikan dengan :

  • mempertimbangkan jenis tanaman

jenis tanaman buah ada yang memiliki akar tunggang dan ada yang memiliki akar serabut.  Untuk jenis tanaman dengan akar tunggang maka di sarankan menggunakan pot yang ukurannya besar supaya pertumbuhan tanaman tidak terlalu terbatasi.  Apabila jenis tanamannya berakar serabut bisa menggunakan pot tanaman yang lebih kecil.

Jenis buah yang bisa di tanam di pot kecil misalnya buah jambu air, nangka mini, jeruk dll.  Sedangkan buah seperti durian, mangga, dan kelengkeng akan lebih optimal berbuahnya jika ukuran potnya lebih besar.

Tanaman Buah Naga Dalam Pot

Tanaman Buah Naga Dalam Pot

  • luas lahan yang dimiliki

agar tanaman bisa tertata dengan baik, maka sebaiknya mempertimbangkan luasan lahan di halaman rumah.  Apabila halaman sempit maka usahakan untuk menanam buah yang memerlukan ukuran pot lebih kecil supaya halaman tidak terlihat terlalu sempit.

Apabila ukuran halaman lebih luas, maka bisa menggunakan pot-pot yang lebih besar dengan jumlah yang lebih banyak.

Baca Juga : Harga Buah Tin 2018

  • rencana tata letak tanaman di halaman dan ruangan

rencana tata letak tanaman dihalaman berkaitan dengan desain taman dan tanaman.  Karena tanaman buah dalam pot juga bisa menjadi tanaman penghias maka memilih pot yang tepat akan menjadi komponen penting.

Jika tanaman buah yang ditanam ditujukan  untuk menghias ruangan dalam, bisa menggunakan pot-pot berukuran lebih kecil dengan bentuk yang menarik.  Bentuk pot yang menarik inilah yang nanti akan menjadi komponen penambah keindahan rumah.

Bisa juga menggunakan sistem susunan pot yang terpadu.  Misalnya pot-pot berukuran besar di beri jarak yang berjauhan.  Sedangkan pot-pot yang kecil bisa dalam satu areal yang berdekatan.

Pertimbangan yang digunakan untuk memiliih pot ini adalah estetika dan keindahan.

Baca Juga : 6 Jenis Tanaman Buah Dalam Pot Yang Paling Menjanjikan

  1. Menyiapkan bibit atau benih

Bibit yang nantinya akan di tanam perlu dipilih bibit yang unggul dan cangkokan.  Kenapa?  Karena rata-rata bibit cangkokan memiliki akar serabut sehingga lebih cocok di tanam di di dalam pot.  Ukuran pot juga akan bisa menyesuaikan.

Penggunaan bibit unggul untuk tanaman buah dalam pot juga akan bisa memberikan hasil buah yang lebih cepat dan lebih banyak.

Keluarnya buah dalam pot tentu saja akan meningkatkan nilai jual dan nilai keindahan tanaman buah dalam pot itu sendiri.

  1. Menyiapkan media tanam

Media tanam yang digunakan untuk menanam buah dalam pot perlu memiliki kecukupan hara, gembur dan subur.  Hal ini sangat penting mengingat tanaman buah hanya memiliki tempat mengambil makanan yang terbatas.  Karena alasan ini maka tanaman buah perlu mendapatkan persediaan makanan yang cukup di dalam media tanam ini.

Setelah persiapan-persiapan tersebut dilakukan, tahapan berikutnya adalah tahapan penanaman.

Tahapan penanaman ini dilakukan dengan memindahkan bibit tanaman dari polibag ke dalam pot yang telah kita sediakan.  Pada saat memindahkan, usahakan tanah di polibag ikut terbawa untuk mengurangi stres pada tanaman.

Jika stres pada tanaman bisa di eliminir, maka ia akan bisa tumbuh dengan lebih sehat dan lebih baik di tempat baru.

Hal-hal di atas jika dipersiapkan dengan baik maka akan membuat tanaman buah dalam pot kita cepat berbuah.  Memiliki tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk kita.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *