Burung Kenari Gacor

Memelihara burung saat ini menjadi hobby yang banyak dijadikan pilihan.  Salah satu jenis burung yang banyak penggemarnya adalah burung kenari.

Burung Kenari Gacor

Burung Kenari Gacor

Burung kenari di pelihara supaya suaranya cerewet.  Disebutnya burung kenari gacor.  Dan gacornya burung kenari inilah yang nantinya akan menentukan harga burung kenari.  Wah jangan di tanya, harga burung kenari gacor ini bisa sangat tinggi, terutama kalau sudah pernah memenangkan kontes.

Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Koi

Nama latin burung kenari adalah Serinus canaria. Kalau dalam bahasa inggris dikenal dengan nama wild canary.

Ciri-ciri burung kenari

Burung ini berukuran sekitar 12 – 14 cm seperti burung gereja.  Bulunya polos berjalur dan belang-belang dengan gabungan warna yang serasi.

Kenari biasanya hidup secara berpasangan atau berkelompok.  Jika usianya masih muda, burung kenari belum biasa berkicau.

Jenis pakan yang disukai adalah biji-bijian, serangga, sayuran hijau, serta millet.  Nah pakan ini nanti akan mempengaruhi kualitas burung kenari.  Memberikan pakan yang tepat dapat menjadikan burung tumbuh sehat dan dapat berkicau dengan riang gembira.

Penyebaran burung kenari hampir di seluruh dunia, meski asalnya adalah pulau canary.

Agar burung kenari yang kita pelihara tumbuh sehat dan bagus kita perlu memperhatikan kebutuhan pakannya.

Berikut ini penjelasan tentang pakan burung.

Jenis pakan burung

  1. Pakan alami

Pakan alami adalah pakan yang terdapat di alam.  Biasanya di identifikasi sesuai dengan kebiasaan burung ketika hidup di alam bebas.  Pakan alami burung dapat berupa serangga, hewan kecil, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran.

Serangga dan hewan kecil lain yang bisa dijadikan sebagai pakan burung alami misalnya kroto, jangkrik, belalang, ulat hongkong, dan cacing tanah.  Pakan alami ini berpengaruh terhadap pertumbuhan burung, antara lain mempercepat kerontokan bulu pertama (kapas) dan mempercepat pergantian dengan bulu sempurna.

  • Kroto merupakan pakan burung berupa anak atau telur semut rangrang. Burung yang rajin diberi pakan kroto akan rajin berkicau dengan suara yang bagus dan merdu.  Kondisi tubuhnya akan sehat dan bulunya indah.
  • Jangkrik yang diberikan kepada burung adalah jangkrik berukuran panjang 1,3 cm. Tubuh jangkrik berwarna kecoklat-coklatan.  Hewan ini tinggal di dalam tanah.  Sebelum diberikan kepada burung, tungkai kaki yang berduri harus dibuang dahulu sebab dikhawatirkan dapat merusak pita suara burung.

Jangkrik dijual dalam keadaan hidup dan ditempatkan wadah seperti akuarium.  Bagian atas wadah ditutupi kasa.  Di dalam wadah diletakkan rumput-rumputan sebagai pakan jangkrik.

  • Belalang merupakan serangga yang memiliki warna hijau hingga coklat. Hewan ini memiliki tungkai belakang yang berfungsi untuk melompat.
  • Jagung yang bisa dijadikan pakan burung adalah jagung putih, jagung kuning dan jagung mosaik.
  • Padi yang digunakan untuk pakan burung bisa dalam bentuk gabah, beras atau menir.
  • Kenari biji adalah biji-bijia dari tanaman sejenis rumput. Disebut kenari biji karena memang sejak dulu disukai oleh burung kenari.  Bijinya mempunyai bentuk dan ukuran seperti gabah dan tipis dengan keuda ujung lancip.  Kulitnya licin berwarna coklat dan keras.

Baca Juga : Mengenal Jenis Ikan Koi : Pengenalan Bisnis Ikan Koi

  1. Pakan buatan

Pakan buatan diramu untuk melengkapi kebutuhan pakan burung.  Pakan buatan ini biasanya dalam bentuk pelet atau voer.

Pelet terbuat dari berbagai bahan makanan seperti dedak, tepung ikan, biji-bijian yang dihaluskan dan vitamin dengan komposisi yang telah dihaluskan dan dipadatkan secara mekanis.

  1. Pakan pelengkap

Pakan yang diberikan kepada burung tidak selalu mengandung semua zat gizi yang dibutuhkanoleh burung.  Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan pakan pelengkap.  Bentuk pakan pelengkap biasanya berupa tepung atau grit.

Tepung ikan, tepung tulang dan tepung daging adalah beberapa jenis tepung yang dibutuhkan oleh burung.

Grit adalah pakan burung yang terdiri dari berbagai unsur sepertu punggung cumi-cumi, kulit kerang, batu kapur, kulit bekicot dll.  Pemberia grit pada burung berfungsi untuk membantu fungsi pencernaan dan sebagai sumber kalsium.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *