Bunga Melati

Bunga Melati – Aromanya harum, bentuknya indah, itulah bunga Melati.  Termasuk jenis bunga populer yang banyak dicari orang.

Entah itu sebagai tanaman hias, untuk pernikahan, mengharumkan ruangan, atau untuk bahan baku kosmetik.

Pohon Melati

Seperti apakah pohon melati itu?

Ternyata melati termasuk ke dalam jenis tanaman perdu sama seperti pohon mawar.  Sehingga ketika dalam kondisi tidak terawat akan terlihat seperti semak-semak dan bergerombol.

Pohon Melati

Pohon Melati

Pohon melati tumbuh tegak ke atas, serta bisa tumbuh dalam jangka waktu yang panjang (tahunan).

Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman yang membutuhkan sinar matahari dalam jumlah banyak.

Sehingga sangat cocok dibudidayakan di daerah tropis seperti Indonesia.

Baca Juga : Bunga Anggrek

Klasifikasi Bunga Melati

Bagaimana dengan klasifikasi melati?

Klasifikasi ini penting diketahui untuk mengetahu dari keluarga mana tanaman ini berasal.

Mengetahui klasifikasi tanaman juga dapat memberikan gambaran tentang karakteristik dan golongan tanaman tersebut.

Berikut ini adalah klasifikasi bunga melati :

Melati masuk ke dalam Kingdom Plantae, Divisinya adalah Tracheophyta, masuk ke dalam sub divisi Spermatophytina, kelasnya Magnoliopsida, ordo Lamiales, Familinya Oleaceae, masuk ke dalam Genus Jasminum L., spesiesnya adalah Jasminum sambac (L.) Aiton.

Dengan informasi di atas kita juga dalam menemukan bahwa nama latin bunga melati adalah Jasminum sambac L.

Jenis Bunga Melati

Bunga melati sebenarnya memiliki begitu banyak jenis.  Menurut para ahli, jumlah melati yang telah ditemukan dapat mencapai 200 jenis.

Namun yang banyak dibudidayakan hanyalah beberapa saja.

Berikut ini adalah beberapa jenis melati yang banyak dikenal, yaitu :

  1. Jasminum sambac (Melati Putih)

Melati putih termasuk tanaman yang menjadi simbol flora nusantara.  Ia menjadi Puspa Bangsa.  Ini mungkin termasuk jenis melati yang paling populer.

Jasmine sambac

Jasminum sambac

Melati putih adalah tanaman asli daerah Asia dan Sri Lanka.  Namun saat ini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Melati jenis ini banyak digunakan dalam acara-acara adat atau pernikahan.  Pengantin dalam budaya Jawa menggunakan kuncupnya untuk roncean atau rangkaian bunga.

Kenapa melati putih dijadikan sebagai simbol puspa bangsa?

Karena ia memiliki filosofi yang dalam.  Bentuknya yang kecil dan sederhana, namun dapat memberikan keharuman.

Itu sebabnya banyak yang menggunakannya sebagai bahan baku parfum atau untuk kecantikan.

  1. Jasminum angulare

Memiliki bunga berbentuk kecil.  Melati ini berasal dari Afrika Selatan.  Warna bunganya putih cerah sehingga dapat menarik perhatian serangga untuk membantu pernyerbukannya.

Jasminum Angulare

Jasminum Angulare

  1. Jasminum angustifolium

Bunga jenis ini sering juga disebut sebagai bunga melati liar.  Ia memiliki bentuk bunga yang kecil dengan kelopak bunga yang tipis.  Lebar kelopak bunganya hanya 1 inchi dengan jumlah 7-8 mahkota bunga.

Jasminum angustifolium

Jasminum angustifolium

Ia berasal dari daerah India, kepulauan Andaman, dan Sri Lanka.

  1. Jasminum auriculatum

Melati ini berasal dari India, Sri Lanka, Nepal, Bhutan, dan Kepulauan Andaman.  Karena aromanya yang harum, maka banyak permintaan dari industri kecantikan dan kosmetik.

Jasminum auriculatum

Jasminum auriculatum

Di India dan Thailand, tanaman bunga ini banyak dibudidayakan secara komersial.

  1. Jasminum azoricum

Melati jenis ini sering dikenal unik karena memiliki keharuman lemon.  Sehingga banyak juga yang menyebutkannya sebagai tanaman melati beraroma lemon.

Jasminum azoricum

Jasminum azoricum

Jenis melati ini banyak ditemukan di Portugis tepatnya di kepulauan Madeira, tumbuh merambat di antara pepohonan pinus.

Populasinya saat ini semakin menurun karena ia memang tidak tahan hidup di suhu yang terlalu rendah.  Sehingga di Inggris banyak rumah kaca yang digunakan untuk memelihara tanaman ini.

  1. Jasminum beesianum

Melati ini memiliki bunga berwarna pink atau merah.  Tergolong jenis melati yang langka.  Ia tumbuh merambat dan dapat mencapai panjang 5 meter diusianya yang 5-10 tahun.

Jasminum beesianum

Jasminum beesianum

  1. Jasminum dichotomum (Gold Coast Jasmine)

Melati jenis ini tumbuh merambat diantara tanaman anggur.  Ketika bunganya baru mulai bertunas warnanya adalah merah muda, kemudian berubah menjadi putih ketika mekar.

Jasminum dichotomum

Jasminum dichotomum

Tempat tumbuh asalnya adalah dari Afrika (Kenya dan Ethiopia).  Namun juga banyak ditanam di daerah Florida (Amerika Serikat) serta India.

  1. Jasminum floridum

Adalah melati yang memiliki warna bunga kuning.  Tumbuh subur di tanah yang drainasenya bagus serta memiliki banyak unsur hara.

Jasminum floridum

Jasminum floridum

Dia cocok ditanam di tempat yang memiliki kelembaban tinggi.  Termasuk ke dalam melati yang bisa di tanam di tempat ternaungi.

  1. Jasminum fruticans

Sama seperti Jasminum floridium, Jasminum fruticans juga memiliki bunga berwarna kuning.  Tanaman ini seringkali disebut juga sebagai melati liar karena memang tumbuh di semak-semak dan perdu.

Jasminum fruticans

Jasminum fruticans

  1. Jasminum grandiflorum

Ia sering dikenal juga sebagai melati Spanyol, melati Royal atau melati Catalan.  Cabang pohonnya bisa tumbuh hingga 2-4 m panjangnya.  Bunganya berbentuk kecil dengan keharuman yang unik dan berbeda.

Jasminum grandiflorum

Jasminum grandiflorum

  1. Jasminum humile (Yellow Jasmine)

Melati humile ini dikenal juga dengan nama melati Kuning atau melati Italia.  Meskipun namanya adalah melati Italia, namun sebenarnya ia berasal dari Agfanistan, Tajikistan, Pakistan, Nepal, Myanmar, dan Cina Barat Daya.

Jasminum Humile

Jasminum Humile

Ia dapat tumbuh di tempat bersalju.  Tanaman akan mengalami dorman ketika salju datang.  Dan akan mekar kembali setelah musim salju lewat.

  1. Jasminum mesnyi (Primrose Jasmine)

Ternyata ini adalah melati yang juga dikenal dengan nama Melati Jepang.  Tanaman ini berasal dari Vietnam dan China Selatan.  Melati Jepang tumbuh merambat hingga ketinggian 3 m.

Jasminum mesnyi

Jasminum mesnyi

Warna bunganya kuning, dan akan mekar di musim semi.  Pada saat mekar ia akan mengeluarkan aroma harum yang menyegarkan.

  1. Jasminum multiflorum (Star Jasmine)

Melati ini bisa jadi menjadi melati yang memiliki banyak nama julukan.  Julukan yang disematkan pada melati jens ini antara lain adalah melati musim dingin, melati india, melati berbulu halus dan melati bintang.

Jasminum Multiflorum

Jasminum Multiflorum

Pada saat sedang berbunga, jumlah bunganya bisa sangat banyak.  Bahkan hingga menutupi daunnya.  Sehingga akan terlihat sebagai gerombolan putih yang harum dan indah.

  1. Jasminum nitidum (Shining Jasmine)

Melati ini sering juga disebut dengan nama melati yang bersinar (Shining).  Tunas bunganya berwarna ungu dengan kelopak bunga berwarna putih setelah mekar.  Daunnya mengkilap dan kasar.  Mungkin inilah yang menyebabkan dia disebut sebagai Shining Jasmine.

Jasminum Nitidum

Jasminum Nitidum

  1. Jasminum officinale (gambir)

Melati ini juga dikenal sebagai melati sejati karena memang bentuknya paling dikenal oleh masyarakat.  Melati ini menjadi bunga nasional Pakistan.

Jasminum officinale

Jasminum officinale

  1. Jasminum parkeri

Sering juga disebut sebagai melati kerdil, Jasminum parkeri memang tumbuhnya tidak terlalu tinggi.  Ia berasal dari India, namun telah banyak tersebar di beberapa negara lainnya.

Jasminum parkeri

Jasminum parkeri

  1. Jasminum polyanthum

Sering juga disebut sebagai melati pink.  Tanaman ini berasal dari China dan Myanmar.  Kuncup bunga melati ini memang berwarna pink.  Batang melati ini sangat kuat dan dapat tumbuh hingga panjang 6 meter.

Jasminum polyanthum

Jasminum polyanthum

  1. Jasminum rex

Bunga melati ini berasal dari Thailand.  Ukuran bunga melati jenis ini lebih besar bila dibandingkan dengan bunga melati lainnya.

Jasminum rex

Jasminum rex

Cara Menanam Bunga Melati

Menanam melati tidaklah sulit karena memang ia memang berasal dari tanaman perdu yang dapat tumbuh di daerah-daerah sulit.

Namun jika anda ingin menanam tanaman ini, tentu saja akan membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana sebetulnya cara menanam bunga melati ini.

Berikut ini langkah budidaya bunga melati :

  1. Menyiapkan bibit

Bibit melati bisa didapatkan dengan cara stek batang.  Anda cari batang yang telah berumur tua kemudian potong dengan posisi miring.

Gunakan pisau yang tajam untuk memotong batang tersebut agar tidak terjadi kerusakan pada pembuluh batangnya.

Batang yang telah di potong kemudian di tanam di tempat pembibitan yang telah disediakan.  Sebelumnya celupkan pada hormon penumbuh akar supaya keluarnya akar dapat lebih cepat.

  1. Menyiapkan media tanam dan tempat tumbuh tanaman (bisa dalam bentuk pot)

Tanah yang digunakan untuk menanam melati akan lebih baik jika berupa tanah gembur dan berhumus.

Campurkan pupuk kompos atau pupuk organik ke dalam tanah yang akan dijadikan sebagai media tanam.

  1. Menanam bibit di media yang telah disiapkan

Bibit yang telah keluar akarnya dan terlihat mulai tumbuh daun dapat dipersiapkan untuk dipindahtanamkan ke pot yang lebih besar atau ke lahan.

Pindahkan tanaman dengan tanpa mencabutnya.  Usahakan agar tanah tempat bibit tumbuh dapat turut terbawa ke tempat baru supaya potensi kerusakan tanaman dapat diminimalisir.

Gambar bunga melati

Manfaat Melati

Tanaman ini ternyata memiliki begitu banyak manfaat.  Beberapa manfaat yang telah banyak dikenal antara lain adalah :

  1. Mengobati sakit mata

Caranya adalah dengan mengambil satu genggam daun melati.  Kemudian tumbuh halus.  Tempelkan tumbuhan daun melati tersebut di dahi hingga kering.  Ketika kering, ganti dengan tumbukan daun yang baru.  Begitu seterusnya hingga sembuh.

  1. Menyembuhkan luka karena sengatan lebah

Jika anda tersengat lebah dan merasa panas di bagian yang tersengat, maka ambil saja segenggam bunga melati dan remas-remas hingga halus.  Tempelkan remasan bunga tersebut di bagian yang tesengat lebat.  Tunggu reaksinya, apakah rasa sakitnya hilang ataukah belum.  Tidak tidak ada perubahan lebih baik menghubungi dokter.

  1. Menurunkan demam dan sakit kepala

Ambil satu genggang daun melati dan 10 buah bunga melati.  Tumbuk hingga halus dan masukkan ke dalam air.

Kompres dahi dengan air tersebut hingga sakit kepala dan demamnya hilang.

Mungkin Anda juga menyukai