Buncis

4 min read

Sayuran Buncis

Buncis Adalah

Buncis merupakan sayuran sejenis polong-polongan yang sering kita temukan dan dapat dimanfaatkan buah, biji dan daunnya. Nama buncis ini berasal dari Belanda yaitu boontjes.

Tanaman ini tergolong monokotil atau berbiji tunggal, memiliki akar tunggang, sisi yang panjang dan memerlukan tiang untuk memanjat.

Karena tanaman yang satu ini tumbuh secara melilit. Dipercaya bahwa sayuran ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Sayuran Buncis
Sayuran Buncis

Buncis In English

Dalam bahasa inggris sayur buncis dikenal dengan sebutan bean. Tanaman ini banyak dibudidayakan di daerah tropis dan subtropics serta di daerah sedang pada musim panas.

Buncis Nama Latin

Setiap orang tentunya tidak asing lagi dengan sayur ini. Pasalnya sayuran ini cukup popular dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat yang ada di Indonesia.

Sayur yang masih sejenis dengan polong-polongan ini memiliki nama latin (Phaseolus vulgaris L).

Tanaman ini juga kaya akan protein dan vitamin yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Jenis Buncis

Tahu tidak apa saja jenis tanaman ini? Secara garis besar tanaman ini dibagi menjadi dua tipe yaitu tanaman buncis merambat dan tidak merambat (tegak).

Ada beberapa jenis tanaman yang membelit seperti kacang buncis, kacang lompeh (rompes), dan kacang kopak, kacang prancis (jenis kacang yang terkenal).

Sedangkan jenis sayuran ini yang tidak merambat yaitu kacang jogo (kacang coklat dan kacang merah). Biasanya biji tanaman ini memiliki warna ungu, putih dan hitam dengan dimakan sewaktu polongnya masih muda.

Buncis Baby

Mungkin ada yang bertanya-tanya tentang buncis baby. Apa siy buncis baby itu? Tanaman sayuran ini merupakan  buncis muda yang masih sejenis dengan polong-polongan.

Sayuran ini sangat cocok jika diolah menjadi tumisan dengan tekstur yang lembut dan renyah.

Sayuran yang masih muda ini dapat diolah menjadi masakan yang lezat dan nikmat dengan tambahan daging, sosis, tempe dan lain  sebagainya. Karena setiap orang memiliki seleranya masing-masing.

Buncis Kenya

Banyak varian sayuran impor yang dibudidayakan di Indonesia salah satunya yaitu buncis Kenya. Tanaman jenis Kenya ini berbeda dengan tanaman buncis pada umumnya.

Karena pada umumnya tanaman ini merambat, sedangkan tanaman jenis Kenya tidak harus ditopang dengan lanjaran atau ajir kayu atau bambi untuk tumbuh.

Perawatan pada tanaman ini juga termasuk cukup mudah dan tidak ribet seperti buncis pada umumnya.

Buncis Prancis

Buncis Prancis atau yang bisasa di sebut dengan French bean ini merupakan salah satu jenis yang kaya akan protein.

Tanaman ini dipercaya berasal dari daerah Amerika Tengah atau Amerika Latin. Memiliki bentuk yang berbeda dengan jenis local. Jenis prancis ini bentuknya lebih bulat dengan ukuran yang lebih kecil.

Sedangkan untuk jenis local memiliki bentuk lebih pipih dengan diameter yang berukuran lebih besar. Selain itu, memiliki rasa yang lebih manis ketika disantap dan memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

Jadi, tidak heran lagi jika permintaan pasar luar negeri akan buncis prancis besar.

Manfaat Buncis

Sayur ini dikenal sebagai makanan sumber serat, folat, mangan, serta vitamin C yang baik untuk tubuh.

Dengan berbagai kandungan nutrisi dalam sayuran ini maka diperoleh juga beberapa manfaat untuk kesehatan. Apa saja ya manfaat sayuran ini untuk tubuh?

Berikut kami berikan beberapa manfaat dari sayur buncis.

  • Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat dan antioksidan di dalamnya dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah.

  • Menyehatkan saluran pencernaan

Kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang ada dala buncis baik untuk pencernaan. Karena kandungan tersebut dapat membantu merangsang pergerakan usus sekaligus mencegah sembelit.

Selain itu juga dapat dikosumsi oleh orang yang sedang diet.

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sayuran ini mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas, dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta penting dalam pembentukan kolagen.

  • Memelihara kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam sayuran ini dapat menjaga kesehatan mata, organ reproduksi, memperkuat sistem imun tubuh serta dapat mencegah kanker.

Buncis Untuk Ibu Hamil

Seorang ibu tentunya akan menjaga kehamilannya supaya janin yang ada di dalam kandungannya tumbuh dengan baik. Salah satu cara untuk menjaganya yaitu dari makanan yang dikonsumsinya.

Sayuran ini dapat dimasukkan dalam daftar sayuran yang anda konsumsi selama masa kehamilan. Karena sayur ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk ibu hamil.

Kandungan asam folat yang tinggi sangat bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat. Selain asam folat, kandungan vitamin K juga dapat membantu proses tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan.

Buncis Untuk Bayi

Seorang bayi membutuhkan makanan yang mengandung nutrisi baik untuk tumbuh dan berkembang, salah satunya yaitu buncis.

Manfaat dari sayuran ini dapat dirasakan bayi dengan memberikan makanan pendamping ASI untuknya.

Ada berbagai manfaat yang didapatkan bayi ketika mengkonsumsi sayuran buncis seperti vitamin K pada sayuran ini dapat meningkatkan kekuatan tulang bayi, vitamin C dapat menjaga stamina tubuh dan antioksidan serta vitamin B dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain itu kandungan mineral, protein, serat dan asam folat juga memiliki manfaat baik untuk bayi.

Buncis Asam Urat

Sayuran ini memang merupakan tanaman yang banyak mengandung nutrisi didalamnya. Tetapi apakah sayuran ini dapat dikonsumsi untuk orang penderita asam urat?

Sebenarnya penderita asam urat boleh makan sayur ini tetapi harus dibatasi. Pantangan paling utama pada penderita asam urat itu sendiri yiaitu harus menghindari hal-hal yang membuat encok muncul.

Selain itu anda juga perlu menghindari makanan dengan kandungan purin yang tinggi seperti jeroan, kaldu daging, sosis, bebek, dan berbagai jenis seafood.

Anda boleh memakan daging dan ayam tetapi harus dibatasi dan hanya boleh memakan 50 gram per hari.

Untuk kacang-kacangan seperti kacang hijau, kedelai, dan kacang tanah juga dibatasi dengan hanya boleh mengkonsumsi 25 gram/hari.

Berbagai macam sayuran yang harus dibatasi bagi penderita asam urat yaitu bayam, kangkung, buncis, kembang kol, daun serta biji mlinjo yang masing-masing sebanyak 100 gram per hari.

Menanam Buncis

Tanaman buncis termasuk kedalam tanaman yang cukup mudah untuk dibudidayakan. Buncis dapat dibedakan menjadi dua tipe yaitu tipe merambat dan tipe tidak merambat/tegak.

Sebelum menanamnya anda perlu perhatikan bibit apa yang anda gunakan. Untuk buncis dengan tipe tegak tidak perlu menggunakan lanjaran untuk menanamnya.

Tanaman buncis tegak akan tumbuh secara optimal pada ketinggian antara 300-600 mdpl, sedangkan untuk buncis merambat pada ketinggian antara 1000-1500 mdpl.

Penanaman ini dilakukan secara tugal dengan setiap lubang berisi 2-3 biji. Agar tanaman terhindar dari serangan hama tanah berikan insektisida/nematisida furadan (bahan aktif karbofuran) atau wingran (bahan aktif imidakloprid).

Buncis Hidroponik

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang sudah terkenal di Indonesia dan juga sebagai sumber bisnis bagi masyarakat.

Banyak petani sayur yang menanam sayuran ini dengan berbagai metode salah satunya dengan menanamnya di polybag atau yang disebut dengan hidroponik.

Ada dua cara tumbuh pada tanaman ini, yang pertama dengan cara merambat yang mencapai tinggi 3 meter dan cara kedua posisi tumbuh tegak dengan tinggi 60 cm.

Anda perlu menyiapkan tiang untuk menjadi sanggahan pohon jika tumbuh secara merambat.

Harga Buncis 1 Kg

Harga sayuran ini yang terbaru saat ini dalam perputaran rata-rata pasar mencapai Rp 30.000 per kilogramnya. Apabila dihitung dalam pack atau bungkus kecil biasanya dihargai Rp 10.800 per 250 gram.

Bayam

ucihadiyanto
3 min read

Manfaat Terong

ucihadiyanto
3 min read

Sayur Terong

ucihadiyanto
3 min read