Brokoli


Brokoli Adalah

Brokoli merupakan jenis sayuran yang termasuk ke dalam jenis kubis-kubisan atau Brassicaceae.

Sayuran yang satu ini tumbuh dan hidup pada cuaca yang dingin. Biasanya bagian yang dimakan yaitu kepala bunga yang berwarna hijau dan tersusun rapat.

Sayur Brokoli

Sayur Brokoli

Sayur ini sangat mirip dengan sayur kembang kol. Hanya saja kembang kol berwarna putih dan ia berwarna hijau.

Sayur bunga ini tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang yang tebal dan sebagian besar kepalanya dikelilingi oleh daun daun.

Ia memiliki batang yang lebih kuat jika dibandingkan dengan tanaman kol. Ukuran bunga tanaman ini berdiameter antara 8-9 cm dengan tinggi antar 9-20 cm. Struktur bunganya bertangkai-tangkai dan membentuk menjadi satu kumpulan yang seperti bentuk bulat.

Bijinya berwarna hitam kecoklatan dengan bentuk bulat dan berukuran kecil serta memiliki akar tunggang berwarna putih.

Tanaman Brokoli

Saat ini sudah banyak orang yang mengerti atau mengetahui tentang tanaman sayur bunga ini. Karena tanaman ini saat ini cukup popular sebagai bahan pangan.

Tanaman yang satu ini berasal dari Laut Tengah dan sudah dibudidayakan sejak masa Yunani kuno.

Tanaman Brokoli

Tanaman Brokoli

Brokoli memiliki nama latin Brassica oleracea L dari kelompok Italica. Tanaman ini memiliki ciri bunga yang berwarna hijau rapat dan mirip dengan sayur kol.

Ada tiga jenis tanaman yang ada di dunia yaitu tanaman brokoli ungu, brokoli Romanesco dan brokoli italia hijau.

Jenis yang sering ditemukan di Indonesia yaitu jenis italia hijau. Biasanya masyarakat Indonesia menggunakannya sebagai sayuran untuk kebutuhan sehari-hari. Tanaman hijau ini hidup di daerah pegunungan dan tidak dapat hidup di dataran rendah.

Masa panen tanaman ini sekitar umur 60 sampai 80 hari dari masa tanam. Ukuran tanaman antara 30-40 cm. Dan masih jarang orang yang tahu jika tanaman sayur ini memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Brokoli Putih

Brokoli putih atau kembang kol atau bunga kol merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam suku Brassicaceae berbentuk mirip seperti brokoli.

Tanaman ini sering dikenal dengan sebutan kubis bunga. Kubis bunga ini berwarna putih dan memiliki kepala bunga yang banyak serta teratur serta padat.

Pada dasarnya kepala kembang kol terdapat daun-daun hijau yang tebal dan tersusun rapat serta hanya kepala kembang kol yang sering dimakan.

Sayuran yang satu ini termasuk ke dalam salah satu tanaman yang merupakan sumber vitamin dan mineral. Biasanya kembang kol atau brokoli putih ini dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan. Tetapi juga dapat dimakan mentah atau pun dibuat acar.

Tangkai bunga kol agak panjang dan helai daun yang berlekuk-lekuk panjang. Memiliki biji dengan bentuk bulat kecil dan berwarna coklat sampai kehitaman.

Kembang kol memiliki beberapa jenis diantaranya yaitu kembang kol hijau, ungu dan orange.

Sayuran jenis ini juga memililiki berbagai macam kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu sumber vitamin C (asam askorbat), folat, vitamin K (phylloquinone) dan vitamin B-6. Vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), dan sejumlah kecil vitamin E (alfa-tokoferol).

Selain itu ia juga mengandung mineral penting seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan mangan tanpa kolesterol berbahaya. Sayuran ini juga mengandung serat dan gula alami yang lebih rendah dibandingkan dengan brokoli.

Kandungan Brokoli

Tahukah anda kandungan apa saja yang terdapat di dalam brokoli?

Ternyata selain popular sebagai bahan panan, ia memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan bagus untuk tubuh.

Berikut kandungan nutrisi dari 100 gr brokoli mentah.

Energi                   34 Kcal                  1,5%

Karbohidrat          6.64 g                    5%

Protein                 2.82 g                    5%

Total Lemak         0.37 g                    1%

Kolesterol            0 mg                      0%

Serat                   2.60 g                    7%

Vitamin B            1,7 mg                   11%

Vitamin A            623 IU                   21%

Vitamin C            89,2 mg                149%

Vitamin E            0,17 mg                1,5%

Vitamin K            101,6 mg              85%

Sodium                33 mg                    2%

Kalium                 316 mg                  7%

Kalsium                47 mg                    5%

Tembaga              0.049 mg              5,5%

Besi                      0,73 mg                9%

Magnesium          21 mg                    5%

Mangan                0.210 mg              9%

Selenium              2,5 mg                   5%

Zinc                      0.41 mg                4%

Banyaknya kandungan nutrisi pada sayuran brokoli ini maka tidak heran jika sayur bunga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Brokoli

Dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya sayur bunga ini memiliki manfaat sangat banyak untuk kesehatan diantaranya untuk kesehatan mata dan sarat serta dapat mengurangi tekanan darah.

Selain untuk kesehatan ternyata brokoli juga memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan kulit. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat brokoli.

  1. Membantu menurunkan kolesterol

Kandungan serat yang ada di dalam sayur bunga ini membuat anda mudah untuk Buang Air Besar (BAB). Selain itu ia juga dapat menurunkan kolesterol, apalagi jika dikonsumsi dengan cara dikukus.

  1. Membantu mencegah kanker

Sayur bunga ini sudah dikenal sebagai sayuran yang memiliki manfaat untuk membantu mencegah kanker dan kekebalan tubuh.

Sayuran ini mengandung khasiat untuk membersihkan dan menghabiskan estrogen atau  pun penyebab kanker tubuh. Sehingga sangat cocok untuk mencegah kanker payudara dan kanker Rahim serta kanker perut dan usus.

  1. Sebagai kesehatan jantung

Salah satu manfaat brokoli yaitu mengurangi kolesterol. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menjaga pembuluh darah agar tetap kuat.

Selain itu ia juga mengandung sulforaphane yang merupakan anti-inflamasi yang dapat mencegah atau pun mengembalikan kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang disebabkan oleh peradangan.

Kandungan serat, vitamin serta asam lemak dalam brokoli dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Sehingga sangat bagus untuk kesehatan jantung.

  1. Untuk kesehatan tulang

Sayur bunga ini memiliki kandungan Kalsium dan vitamin K yang tinggi sehingga bagus di konsumsi oleh anak-anak, ibu menyusui bahkan orang lanjut usia. Kandungan kalsium dan vitamin K pada Sayur bunga ini sangat penting untuk kesehatan tulang dan untuk mencegah osteoporosis.

  1. Untuk kesehatan mata

Manfaat yang selanjutnya yaitu untuk kesehatan mata. Kandungan lutein dalam sayur bunga ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kadar lutein yang tinggi ini hampir sama dengan kadar lutein pada wortel.

Ia dapat menggantikan wortel untuk membantu melindungi dari degenerasi macula atau kondisi yang mengaburkan penglihatan sentral dan katarak.

Bahaya Brokoli

Sayur bunga ini memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Tetapi tahukah anda bahaya mengkonsumsi brokoli secara berlebih? Setiap makanan yang dikonsumsi secara berlebihan pasti memiliki efek sampingnya, begitupun dengan sayuran ini.

Disebutkan dalam sebuah penelitian bahwa brokoli merupakan jenis sayuran yang dapat menurunkan resiko kanker yang menyerang tubuh. Ia juga merupakan sumber vitamin C dan juga vitamin K dalam jumlah yang lebih banyak.

Ternyata orang yang dengan kondisi Tiroid harus sangat berhati-hati dalam jenis sayuran inii. Karena sayur ini

Memasak brokoli dengan cara yang tepat dan dengan mengkonsumsi secukupnya justru dapat mengurangi senyawa goitrogenic. Senyawa ini justru dapat membahayakan tiroid.

Disarankan untuk anda pecinta sayuran ini atau yang suka memakan brokoli agar tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Hal tersebut dilakukan agar terhindar dari resiko tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai