Bayam


Pengertian Bayam

Bayam merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika tropik yang biasa dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau.

Namun tumbuhan ini sekarang sudah tersebar di berbagai daerah diseluruh dunia. Tanaman yang satu ini dikenal sebagai sumber zat besi yang penting bagi tubuh.

Artikel Sejenis : Manfaat Bayam Dan Bahayanya

Bahasa Inggris Bayam

Dalam bahasa inggris bayam disebut dengan spinach.

Klasifikasi Bayam

Tanaman sayuran ini merupakan salah satu tanaman hijau yang memiliki nama latin Amaranthus spp. Tahukah anda apa saja klasifikasi dari tanaman ini?

Adapun beberapa klasifikasi tanaman ini adalah sebagai berikut :

Kingdom               : Plantae

Sub kingdom        : Tracheobionta

Sub divisi              : Spermathopyta

Division                  : Magnoliophyta

Class                      : Magnoliophyta

Sub classis              : Caryophyllidae

Family                      : Amaranthaceae

Genus                     : Amaranthus

Species                   : Amaranthus L (Amaranthus spp)

Nama Latin Bayam

Tanaman sayur ini merupakan salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi oleh para ibu rumah tangga. Nama latin dari bayam yaitu Amarathus spp. Ada dua macam jenis sayuran ini yaitu jenis putih (Amarathus tricolor) dan cabut (Amaranthus hibrydus L).

Tanaman Bayam

Tanaman sayur ini merupakan salah satu tanaman yang dikenal sebagai sumber zat besi yang penting. Ia dapat tumbuh sepanjang tahun dan dimanapun, baik pada dataran rendah atau pun dataran tinggi.

Tetapi tetap saja, tanaman yang berasal dari Amerika tropic ini dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang subur dan cahaya matahari yang cukup.

Masa tanam yang baik dari tanaman ini yaitu pada awal musim kemarau dengan suhu yang baik sekitar 25o – 36o celcius. Serta dengan pH tanah antara 6 – 7.

Pada negara-negara berkembang tanaman sayur ini dikenal sebagai tanaman atau bahan pangan sumber protein.

Selain itu, Ia juga mengandung vitamin A, B, C serta zat-zat galian seperti kalsium dan zat besi yang bagus untuk tubuh.

Ciri-Ciri Tanaman Bayam

Sayur ini memang sudah tidak asing lagi untuk kita semua. Karena sayuran ini banyak dikonsumsi oleh banyak orang.

Selain itu sayur ini juga sudah tersebar diberbagai daerah di seluruh Indonesia.

Tetapi tidak salahkan jika kita ingin mengetahui ciri-ciri tanaman ini?

Adapun beberapa ciri tanaman ini adalah sebagai berikut :

  • Memiliki akar tunggang dengan akar serabut diatasnya.
  • Memiliki batang yang tumbuh tegak dan mengandung banyak air.
  • Memiliki cabang monodial serta memiliki duri halus pada bagian pangkal ujung batang tanaman.
  • Sayur ini memiliki daun tunggal berwarna hijau muda serta tua, berupa bulat memanjang dan oval serta mempunyai pangkal ujung daun runcing dan obtusus
  • Memiliki bunga berwarna hijau tua dan memiliki ukuran yang kecil serta tumbuh di ketiak daun yang tersusun tegak
  • Memiliki biji berukuran kecil, halus dengan bentuk bulat

Deskripsi Bayam

Tanaman sayur ini merupakan tanaman yang berasal dari Amerika tropic. Dan sekarang ini ia sudah tersebar di seluruh dunia.

Dari cara memanennya, tanaman sayur ini, yang memiliki nama latin Amaranthus spp, terbagi menjadi dua macam yaitu jenis petik dan cabut.

Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman dikotil dan memiliki akar tunggang dengan sedikit akar serabut diatasnya serta batang yang tumbuh tegak dan mengandung banyak air.

Di Indonesia tanaman sayur ini dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Permukaan batang pada tanaman ini memiliki sifat yang licin beralur dengan arah tumbuh batang yang tegak.

Cabang pada batangnya memiliki tipe monopodial yang bersifat batang sirung pendek. Daunnya biasanya dikonsumsi sebagai sayuran serta dapat juga menjadi lalapan untuk sayur kuah yang segar.

Selain untuk dikonsumsi, tanaman ini juga dapat sebagai hiasan.

Batang Bayam

Batang pada tanaman sayur ini seperti yang telah disebutkan di atas memiliki tipe monopodial dengan sifat batang sirung pendek. Bentuk dari batangnya bulat, berair, lunak serta kurang berkayu.

Warna batang tanaman ini tergantung pada jenisnya.  Seperti jenis yang hijau memiliki batang berwarna hijau dan jenis merah memiliki batang berwarna merah.

Daun Bayam

Daun tanaman sayur ini termasuk ke dalam daun tunggal bertangkai dengan warna daun sesuai pada jenisnya. Bentuk dari daun ini bundar seperti telur memanjang.

Panjangnya sekitar 1,5 cm sampai 6,0 cm, sedangkan untuk lebarnya sekitar 0,5 cm sampai 3,2 cm. Tangkai daun berbentuk bulat dengan bentuk opacus dan Panjang sekitar 0,5 cm sampai 9,0 cm.

Daun Bayam Duri

Bunga Bayam

Tanaman jenis duri ini memiliki ciri khas yang memudahkan untuk membedakan dengan jenis lainnya karena pada pangkal tangkai daun terdapat duri. Dan duri inilah yang menyebabkan orang mengenal sebagai bayam duri.

Bentuk dari daun jenis duri ini tidak berbeda dengan jenis yang lainnya yang menyerupai belahan ketupat dan berwarna hijau. Bunga dari tanaman jenis duri ini berwarna hijau muda atau kuning dan berbentuk bongok.

Akar Bayam

Tanaman ini memiliki akar perdu atau terma. Akar dari tanaman ini akan menembus tanah dengan kedalaman sekitar 20 sampai 40 cm bahkan bisa lebih dari itu.

Akarnya digolongkan dari akar tunggang serta memiliki akar serabut pada bagian atasnya.

Bunga Bayam

Bunga tanaman sayur ini merupakan bunga berkelamin tunggal. Bunga tanaman ini tersusun majemuk tipe tukal yang rapat dengan warna hijau tua.

Memiliki lima mahkota dengan panjang 1,5 mm sampai 2,5 mm dengan bentuk bulat dan tumbuh pada ketiak batang.

Bunga jantan pada tanaman ini memiliki bentuk bulir dan tersusun tegak.

Jenis Bayam

Ada beberapa jenis dari tanaman ini diantaranya yaitu jenis duri, cabut, tahun, serta tanah.

Tetapi pada umumnya jenis yang sering ditanam yaitu jenis cabut dan tahun. Jenis cabut atau yang biasa disebut dengan jenis sekul memiliki warna batang kemerah-merahan  Serta ada juga yang berwarna hijau keputih-putihan tergantung dengan jenisnya.

Sedangkan jenis tahun atau yang biasa disebut dengan bayam kakap/sekop ini berdaun lebar. Tanaman sayur jenis tahun (Amaranthus hybritus) ini memiliki dua varietas yaitu varietas caudatus dan varietas paniculatus.

Bayam Merah

Bayam Merah

Jenis yang merah banyak mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin serta vitamin A, B dan C.

Tanaman ini merupakan sayuran berserat yang dapat digunakan untuk melancarkan proses buang air besar. Selain itu akar bayam merah juga berkhasiat sebagai obat disentri.

Bayam Hijau

Jenis yang hijau merupakan tanaman berbunga tahunan yang memiliki bunga berwarna hijau gelap. Tanaman jenis ini dapat tumbuh sekitar 2 sampai 3 kaki.

Selain itu tanaman jenis hijau memiliki ciri umum pada pohon yaitu tegak atau condong. Seringkali batang bercabang banyak serta berduri. Memiliki daun bulat berbentuk lanset dengan ujung tumpul dan pangkal runcing.

Bayam Cabut

Bayam Cabut

Cara memanen jenis tanaman yang satu ini yaitu dengan cara dicabut, sehingga dinamakan bayam cabut.

Tanaman ini memiliki batang lebih kecil dibandingkan dengan jenis yang petik. Batangnya kecil serta lunak sehingga sayur ini dapat dimasak dengan batangnya.

Daunnya berwarna hijau serta ada yang berwarna merah dengan bentuk kecil lonjong. Biasanya tanaman ini dipetik ketika sudah usia 25 hari.

Bayam Hutan

Bayam Duri

Bayam hutan atau liar ini seringkali tumbuh secara liar di pekarangan rumah, pinggir jalan, kebun dan di berbagai tempat.

Terkadang kita menganggap tanaman ini sebagai gulma yang mengganggu. Dari berbagai macam jenis yang sering tumbuh secara liar yaitu jenis tanaman bayam kakap dan duri. Jenis kakap ini merupakan jenis yang biasa diolah menjadi keripik.

Mungkin Anda juga menyukai