Albasia

3 min read

Kebun albasia

Tanaman Albasia

Tanaman albiasa atau sengon merupakan jenis tanaman jangka panjang yang memerlukan perawatan khusus secara continue selama lebih 3 tahun.

Tanaman pohon ini merupakan pohon serbaguna yang dapat dimanfaatkan dari daun sampai akar.

Ia memiliki nama latin Albizia chinensis ini termasuk kedalam jenis pohon dalam suku Fabaceae (salah satu suku tanaman dikotil yang terpenting dan terbesar).

Albasia termasuk pohon peneduh dengan penghasil kayu terbesar secara alami di India, Asia Tenggara, Cina Selatan dan Indonesia.

Baca Juga :

Sengon

Pohon sangon merupakan salah satu pohon serbaguna yang ada di Indonesia.

Salah satu pohon yang dapat digunakan untuk industry karena tumbuh dengan baik, dapat hidup di berbagai kondisi tanah, serta dapat menjadi bahan baku yang baik untuk industry panel kayu dan kayu lapis.

Kayu dari pohon sangon ini menjadi andalan bagi berjalannya industry kayu di Indonesia setelah pasokan kayu dari hutan mulai menurun.

Kebutuhan akan kayu sengon ini cukup besar karena sering digunakan untuk bahan baku meubel berkualitas menengah ke bawah.

Selain itu juga digunakan sebagai penyangga cor bangunan, pembuatan rumah, bahan baku kertas dan lain sebagainya.

Sekarang ini pohon sangon berkembang pesat dengan penyebarannya di Indonesia.

Kebun albasia
Kebun albasia

Pohon Albasia

Kayu albasia atau kayu sengon merupakan salah satu jenis kayu khas yang berasal dari daerah tropis. Selain itu kayu ini juga sangat familiar dan banyak ditemukan di Indonesia terutama di pulai Jawa.

Karena pohon ini banyak ditanam dan dibudidayakan baik oleh individua tau pun kelompok, bahkan ada juga yang dijadikan sebagai usaha.

Pohon ini memang memiliki kagunaan yang banyak, seperti untuk membuat kerajinan, bahan pembuatan rumah dan lain sebagainya.

Dalam memanen pohon yang satu ini tidak memerlukan waktu yang lama sekitar 5-7 tahun, sehingga sudah bisa untuk dipanen.

Tumbuhan ini juga memiliki warna agak putih dan ada juga yang berwarna kecoklat-coklatan tetapi agak muda.

Kayu ini termasuk jenis kayu yang lunak sehingga mudah untuk di gergaji dengan permukaan kayu dibawah kulit terlihat seperti memiliki cambium, jika disentuh maka akan terasa licin.

Pada umumnya pohon ini memiliki bentuk yang besar dan ketika masih berumur muda pohon ini akan terlihat kecil dan kurang kuat.

Bibit Albasia

Dalam hal pembudidayaan pohon sangon salah satu yang perlu diperhatikan adalah bibit pohonnya terlebih dahulu.

Sudah kita ketahui bersama jika pohon sangon merupakan pohon yang memiliki nilai jual tinggi karena banyak produsen kayu yang membutuhkannya.

bibit albasia
bibit albasia

Dalam memilih bibit yang unggul dan berkualitas anda perlu mengenali ciri-ciri bibit yang berkualitas terlebih dahulu.

Adapun ciri-ciri dari bibit unggul dan berkualitas yaitu dilihat dari batang kayunya yang kuat, bibit tegak lurus tidak bengkok, daun berwarna hijau segar dan memiliki akar yang kuat.

Selain itu bibit yang disemai atau dibibitkan harus berasal dari keturunan yang jelas dan berasal dari lokasi atau tempat yang berbeda. Anda juga dapat membeli bibit albasia dari tempat yang benar-benar sudah bersertifikat.

Kayu Albasia Adalah

Kayu albasia adalah salah satu jenis kayu khas yang berasal dari daerah tropis.

Jenis kayu ini termasuk kedalam tanaman penghasil kayu dan dapat difungsikan juga sebagai tanaman peneduh dan lain sebagainya.

Bagian kayu dalam pohon ini merupakan salah satu yang terpenting karena memiliki nilai jual yang tinggi dipasaran.

Harga Kayu Albasia

Biasanya para pengusaha kayu akan menjual kayu albasia dengan berbagai ukuran. Salah satunya ukuran yang dijual biasanya secara kubikan.

Kayu Albasia
Kayu Albasia

Hal tersebut tentunya akan lebih murah dibandingkan dengan kayu yang dijual per batang. Pada setiap daerah kayu ini memiliki harga yang berbeda-beda.

Nah, mau tahu berapa harga dari kayu albasia? Berikut kami berikan beberapa harga dari kayu albasia yang mungkin akan berubah sewaktu-waktu.

Harga kayu albasia per kubik Rp 720.000 (Jakarta, Makasar), Rp 680.000 (Bandung, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur), Rp 700.000 (Jambi, Lampung, Pasaran, Semarang), Rp 730.000 (Kalimantan), Rp 740.000 (Pekanbaru), Rp 750.000 (Pontianak, Riau) dan lain sebagainya.

Harga Pohon Albasia Umur 5 Tahun

Pohon albasia yang sudah berumur 5 tahun tentunya memiliki harga yang berbeda dengan kayu pohon lainnya.

Untuk harga pohon kayu sengon merah berumur 5 tahun seharga Rp 800.000 dengan diameter 25 cm disetiap batangnya.

Biasanya dijual dengan tanahnya sekalian sehinngga anda bisa membesarkan nya sampai siap untuk dijual.

Budidaya Albasia

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembudidayaan tanaman ini yaitu pemilihan bibit unggul, persiapan lahan tanam, penanaman pohon sengon, perawatan dan tahap pemanenan.

Sebelum menanam pohon anda perlu memilih bibit yang unggul dengan cara stek atau okulasi.

Selanjutnya yaitu mempersiapkan lahan, sebaiknya siapkan lahan yang datar dan dekat dengan sumber air.

Namun anda perlu mempersihkan lahan agar terhindar dari gulma yang dapat merusak tanaman.

Setelah lahan sudah disiapkan kemudian penanaman bibit tanaman ini. Dalam proses penanaman anda perlu membuat pembatas dengan bamboo kemudian buat lubang tanam dengan ukuran 30x30x30 cm.

Lalu masukkan bibit ke lubang tersebut dengan hati-hati agar tidak rusak. Kemudian perawatan pohon yang hanya memerlukan 5 tahapan utama agar pohon tumbuh dengan baik.

Tahapan tersebut yaitu penyiangan, penyulaman, pendangiran, penjarangan dan pemangkasan.

Proses selanjutnya yaitu pemanenan yang biasanya dilakukan ketika sudah berumur 5-7 tahun dengan diameter sekitar 25 cm, tetapi tergantung dari permintaan pasar.

Harga yang ditawarkan juga tergantung dari diameter dan tinggi batangnya.

 

Kopi

ucihadiyanto
4 min read

Kelapa Sawit

ucihadiyanto
5 min read

Pohon Jati

ucihadiyanto
13 min read