6 Manfaat Tanaman Kumis Kucing Paling Baik untuk Kesehatan

Alam menyediakan banyak kehebatan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai lini kehidupan manusia, termasuk untuk kesehatan tubuh. Ada banyak tanaman alami yang ampuh untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai ganguan kesehatan, termasuk untuk penyakit kronis dan berbahaya. Salah satu tanaman sejuta manfaat yang sudah familiar ditelinga masyarakat adalah tanaman kumis kucing.

Baca Juga : Khasiat Tanaman Herbal Untuk Kesehatan

Gambaran tanaman kumis kucing yang bentuknya memang menyerupai kumis dari hewan kucing, dengan helaian sejenis serabut berwarna putih ini bisa digunakan untuk mengobati banyak penyakit. Bagi Anda yang sedang mencari pengobatan alternatif, bisa mencoba ramuan dari kumis kucing. Lalu apa saja jenis penyakit yang bisa dicegah dan diobati dengan tanaman ini? Simak terus ulasa berikut ini untuk mendapatkan jawabannya.

tanaman kumis kucing

tanaman kumis kucing

6 Jenis Penyakit yang Bisa Dicegah dan Disembuhkan Tanaman Kumis Kucing

  • Reumatik

Reumatik termasuk penyakit yang sangat menyiksa jika sedang kambuh karena bisa menimbulkan rasa sakit yang begitu hebat pada bagian persendian, urat dan otot. Penyakit ini disebabkan oleh beragam faktor seperti keturunan, perubahan hormon dan karena penuaan. Tanaman kumis kucing dapat menjadi solusi untuk mengurangi penyakit ini. Cara mengolahnya mudah saja, yaitu dengan direbus dengan air, kemudian airnya diminum secara rutin.

  • Kencing Batu

Kencing batu adalah salah satu jenis penyakit kronis yang menyerang saluran kecing. Rasanya sakit tak tertahan dan menimbulkan efek lain yang tidak nyaman pada tubuh seperti perut membengkak, mual, badan mengigil dan pada kondisi paling parah bisa menyebabkan kencing darah. Sebelum hal tersebut terjadi, sebaiknya rutin meminum rebusan tanaman kumis kucing yang ampuh membantu penyembuhan sakit kencing batu.

  • Masuk Angin

Saat tubuh terasa meriang karena masuk angin, tubuh bisa segera dipulihkan dengan cara meminum air rebusan daun kumis kucing yang efektif mengeluarkan angin dalam tubuh. Tanda-tanda seseorang mengalami masuk angin biasanya muncul rasa begah di bagian perut atau perut kembung, kemudian badan terasa lemas dan dingin, mata jadi mengantuk dan mengalami diare. Jika sudah begitu, segera saja sembuhkan dengan kumis kucing.

Baca Juga : Rahasia Khasiat dan Budidaya Cabe Jawa

  • Batuk

Manfaat tanaman kumis kucing juga baik untuk mengobati sakit batuk, jika sudah batuk berkepanjangan juga bisa dikurangi secara perlahan. Batuk disebabkan oleh banyak hal, yang paling sering karena tertular virus atau karena buruknya polusi udara. Nah, dengan menyeduh daun kumis kucing, kemudian dikonsumsi secara rutin sehari dua kali, maka batuk bisa cepat sembuh.

  • Keputihan

Keputihan adalah ganguan pada vagina yang cukup menganggu karena biasanya menimbulkan rasa gatal. Jika Anda mengalami keputihan yang lumayan parah seperti bau cairan keputihan yang tidak enak dan warnanya yang tidak biasa, sebaiknya segera lakukan terapi dengan menggunakan tanaman kumis kucing. Selain itu, pastikan selalu menjaga kebersihan bagian vagina dengan membersihkannya dan sering mengganti celana dalam.

  • Darah Tinggi

Khasiat tanaman kumis kucing lainnya adalah untuk mengatasi darah tinggi atau hipertensi. Penyakit ini cenderung banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu penyakit mayoritas, sangat disarankan untuk mencegahkan sedini mungkin dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan gaya hidup yang baik. Oleh raga juga bisa membantu mengurangi penyakit ini. Selain itu, ditambah dengan mengkonsumsi air kumis kucing juga bisa meredakan dan menyembuhkannya.

Demikialah 6 manfaat hebat yang bisa dilakukan oleh tanaman kumis kucing. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Selain itu, kunci dari hidup sehat adalah dengan selalu memperhatikan pola makan dan gaya hidup. Dijamin dengan begitu hidup Anda menjadi lebih bahagia karena badan yang sehat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *