6 Jenis Tanaman Toga beserta Fungsi Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman toga adalah singkatan Tanaman Obat Keluarga.

Sebagai Obat tentunya tanaman-tanaman ini memiliki fungsi atau manfaatnya masing-masing.

Namun sudah tahukah anda tentang tanaman apa saja yang termasuk sebagai tanaman toga?

Atau justru di halaman rumah Anda sudah ada beberapa jenis tanaman toga namun anda tidak menyadarinya.

Untuk menambah pengetahuan Anda tentang tanaman toga simaklah beberapa informasi berikut ini.

Beberapa Macam Tanaman Toga

Ada macam2 tanaman toga yang bisa dengan mudah ditemukan dan harus Anda manfaatkan khasiatnya sehingga dapat menjadi obat dalam menyembuhkan berbagai penyakit secara alami.

Dalam kesempatan kali mari kenali lebih jauh tentang aneka jenis toga dan kegunaannya.

  1. Daun Sirih

    Tanaman toga dan manfaatnya dapat dirasakan dari salah satu tumbuhan multifungsi ini yaitu daun sirih. Daun sirih sering digunakan untuk “nyireh” yang berfungsi untuk meningkatkan enamel gigi.  Selain itu, daun sirih juga dapat digunakan untuk mimisan, sakit gigi, gusi bengkak dan menghilangkan bau badan. Untuk menghilangkan bau badan Anda cukup merebus beberapa lembar daun sirih dan meminum air rebusan tersebut.

  1. Daun Bayam Duri

    Bayam duri tidak jauh berbeda dengan bayam yang lain, perbedaannya hanya terletak pada pangkal daunnya yang terdapat duri. Meskipun berduri, bayam duri tetap memiliki banyak manfaat. Tanaman toga dan khasiatnya yang didapat dari bayam duri misalnya untuk mengatasi kencing nanah, kurang darah, bahkan eksim. Tentunya hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kimia yang ada di dalam bayam duri, seperti zat besi dan kalium nitrat.

  1. Daun Pepaya

    Selain buahnya yang nikmat, daun dari tumbuhan pepaya dapat dijadikan sebagai tanaman toga. Fungsi tanaman toga yang satu ini adalah untuk mengontrol tekanan darah, mengatasi nyeri haid dan mengobati demam berdarah. Selain itu, daun pepaya yang mengandung senyawa karpain, memiliki fungsi untuk memperlancar pencernaan. Daun pepaya juga dipercaya dapat mencegah kanker, karena sarat akan getah putih seperti susu.

    Gambar Tanaman Pepaya, tanaman toga dan manfaatnya

    Gambar Tanaman Pepaya

  1. Kumis Kucing

    Tanaman toga kumis kucing sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat dapat membantu pengobatan penyakit ginjal. Namun tidak hanya itu, karena Kumis Kucing juga dapat memberikan manfaat untuk Anda penderita penyakit asam urat, diabetes dan hipertensi. Anda juga dapat mengkonsumsi Kumis Kucing bersamaan dengan tanaman toga lainnya, sehingga dapat menyembuhkan penyakit lainnya.

  2. Kencur

    Tanaman toga kencur sangat mudah didapatkan karena menjadi salah satu bumbu dapur yang sering digunakan. Manfaanya bisa dirasakan untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan seperti suara yang serak atau tenggorokan sakit. Kandungan di dalam kencur bisa mengurangi rasa nyeri sekaligus memberikan sensasi hangat. Bahkan kencur diyakini dapat membuat suara jadi lebih merdu dan lantang, cocok sekali dikonsumsi oleh Anda yang gemar menyanyi.

  3. Kunyit

    Kunyit adalah tumbuhan yang memiliki segudang manfaat, sudah sejak puluhan tahun lalu tanaman ini menjadi andalan untuk mengatasi gangguan kesehata. Tanaman toga kunyit

    hadir sebagai obat penyembuh peradangan karena mengandung zat yang bersifat anti inflamasi. Tidak hanya itu, antioksidan yang tinggi membantu dalam menjaga kecantikan kulit sekaligus mencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Beberapa manfaat lainnya seperti meningkatkan fungsi hati, mengurangi resiko kanker darah putih (leukimia) dan mencegah alzeimer.

Baca juga : Peluang Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjalankan Pertanian Cabe

Selain keenam tanaman toga di atas, terdapat banyak nama tanaman toga yang dapat berguna sebagai obat. Masih ada 10 tanaman toga lainnya, bahkan lebih. Demikianlah akhir dari artikel tentang tanaman toga beserta fungsinya, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan keluarga. Selamat berkebun dan jaga selalu kesehatan tubuh Anda.

You may also like...

1 Response

  1. March 5, 2018

    […] Baca juga : 6 Jenis Tanaman Toga Beserta Fungsinya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *