6 Jenis Tanaman Buah dalam Pot Paling Menjanjikan

Menanam tanaman buah menjadi hobi yang menyenangkan untuk digeluti sekaligus ladang bisnis yang cukup menjanjikan. Mengingat banyak orang yang sudah mulai sadar untuk rutin mengkonsumsi buah.

Ada banyak cara untuk menanam pohon buah, yang paling mudah dan murah adalah menggunakan media pot. Becocok tanam menggunakan pot cenderung sederhana dan perawatannya juga tidak rumit. Anda bisa memanfaatkannya untuk membudidayakan tanaman baik dalam skala kecil maupun menengah. Jika ingin sekedar untuk ditanaman di pekarangan rumah, metode pot ini juga sangat tepat untuk diaplikasikan.

Baca Juga : 5 Jenis Tanaman Paku-Pakuan Paling Banyak Diincar

Nah, berikut ini akan disebutkan 6 jenis tanaman buah-buahan yang bisa tumbuh di dalam pot.

6 Jenis Tanaman Buah dalam Pot

1. Buah Tomat

Tomat adalah pilihan pertama yang bisa menjadi pilihan Anda yang ingin mendulang keuntungan besar. Tomat menjadi sayur sekaligus buah yang peminatnya tidak pernah surut. Tomat juga termasuk tanaman buah yang cepat panen. Menanam tomat dengan media pot bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu memberikan perawatan yang sesuai. Penggunaan pot juga bisa dijadikan media tanaman sementara saja sebelum kemudian dipindah ke tanah.

2. Buah Strawberry

Tanaman buah dalam pot yang juga tidak kalah menjanjikan adalah strawberry. Buah yang memiliki rasa asam ini sangat diminati, selain rasanya yang nikmat, buah ini memiliki banyak vitamin dan juga tampilan yang sangat cantik. Kerap dipilih sebagai bahan utama untuk membuat makanan dan minuman serta menghias berbagai kuliner lezat.  Strawberry sendiri bisa cepat panen apalagi bila kondisi suhunya cocok, buah ini cenderung hidup dengan baik dalam suhu yang relatif dingin.

3. Buah Rambutan

Rambutan merupakan buah tropis yang mudah untuk dikembangbiakan dan dipelihara. Tanaman ini cenderung mudah berbuah, apalagi jika sedang musim. Membudidyakan buah rambutan bisa dilakukan juga dengan menggunakan pot. Tidak berbeda jauh dengan jenis tanaman buah lainnya, perawatan yang memadai dibutuhkan untuk membuat pohon dapat berbuah dengan baik. Usahakan cari bibit yang baik agar menghasilkan jenis buah yang manis dan daging tebal seperti Rambutan Ace misalnya.

4. Buah Jambu

Tanaman buah buahan lainnya yang bisa tumbuh dalam pot adalah jambu baik itu jambu air ataupun jambu biji sama saja bisa tumbuh dengan baik dalam pot. Mengingat tanaman ini bisa tumbuh besar, usahakan jika sudah mulai tumbuh tinggi pindahkan pada tanah agar bisa tumbuh dengan maksimal. Dengan begitu pohon bisa tumbuh menjulang dengan hasil buah yang maksimal.

5. Buah Durian

Durian adalah jenis tanaman buah yang menguntungkan. Bagaimana tidak, durian selalu saja diburu oleh penggemarnya. Buah yang memiliki bau menyengat ini memang memiliki rasa yang nikmat. Ternyata, buah ini juga mudah dibudidayakan dan bisa tumbuh dengan sangat baik di dalam pot. Bahkan buah ini dapat berbuah dengan baik walaupun masih berada di dalam pot. Namun memang pot yang digunakan ukurannya harus disesuaikan dengan usianya.

tanaman buah dalam pot, tanaman buah yg cepat panen, tanaman buah buahan, tanaman buah yang menguntungkan

Tanaman Buah Durian Dalam Pot

6. Buah Tin

Tanaman buah tin menjadi alternatif yang tidak kalah menjanjikan untuk dibudidayakan. Memang sejauh ini buah tin berlum terlalu populer. Namun buah ini memiliki banyak vitamin yang bermanfaat dan sangat baik untuk kesehatan. Bagi yang ingin menanamnya di rumah tentu bisa saja karena sangat mudah dari segi perawatan dan budidayanya. Pot merupakan media tanam yang juga bisa diterapkan untuk buah ini.

Baca Juga : Jenis Dan Kategori Tanaman Paku  Yang Ada Di Indonesia

Setidaknya ada 6 jenis tanaman buah yang bisa dibudidaya melalui pot yang dapat Anda coba. Gali ilmu lebih dalam lagi untuk masing-masing jenis buah tersebut agar proses budidaya bisa berjalan dengan baik dan benar sehingga saat panen bisa menghasilkan buah yang bagus dan memiliki rasa yang nikmat. Semoga saja ulasan ini menjadi sumber ilmu yang bermanfaat bagi Anda. Selamat bercocok tanama!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *